Wednesday, January 9, 2013

Bagaimana Cara Berbisnis di Internet



Berjualan online menjadi trend baru saat ini, tapi masih banyak orang bertanya tentang bagaimana cara jualan online gratis tanpa harus pusing bayar. Mari kita jelaskan proses dan beberapa tempat jualan produk anda yang dipasarkan secara online di internet dengan gratis.

Siapkan produk yang akan dijual
Semua jenis produk dapat anda jual secara online di internet, baik itu produk fisik maupun produk digital. Tinggal anda tentukan barang apa yang akan dijual, misalnya anda mau menjual baju batik pekalongan maka siapkan dulu baju batiknya lalu foto tampilannya dan tetapkan harganya. Setelah foto, harga, dan barang telah siap maka tahap awal untuk membuat toko online telah anda lakukan dengan baik.

Tentukan prosedur pembeliannya
Orang yang melihat barang yang anda jual, kemudian tertarik untuk membeli maka dia akan mencari prosedur pembeliannya. Oleh karena itu sebelum anda pasarkan secara online, tetapkan dulu sistem pembeliannya. Misalnya via sms dengan format "BELI KEMEJA 025 1PCS BANDUNG" kirim ke 08145789635. Setelah itu pembeli akan menerima konfirmasi dari anda mengenai jumlah uang yang harus ditransfer setelah ditambah ongkos kirim. Kemudian setelah transfer maka pembeli sms konfirmasi lalu terakhir baju batik anda kirimkan via POS.

Pilih media online gratis
Setelah produk dan sistem penjualan ditetapkan, maka sekarang anda mencari media online gratis mana yang akan digunakan. Ada banyak pilihan tentang web penyedia layanan gratis yang dapat digunakan untuk memajang barang dagangan anda. Sebagai contoh ialah Facebook, Twitter, Toko Bagus, Berniaga, Kaskus, Blogger dan banyak lagi yang lainnya. Semua media yang saya sebutkan tadi 100% gratis, tinggal anda mengelolanya dengan serius. Untuk panduan membuat listing produk di media tersebut anda dapat cari dari sumber lain.

Promosi dengan cerdas
Setiap media online yang anda gunakan memiliki cara promosi efektif masing-masing. Tentu sangat berbeda ketika anda mempromosikan barang yang ada di Facebook dengan barang yang anda postkan di Kaskus. Gunakanlah teknik promosi yang baik, sopan, jujur, dan jangan sekali kali melakukan spam. Misalnya anda mengirim e-mail ke alamat email orang lain yang tidak anda kenal, atau berkomentar di blog orang lain dengan tulisan menawarkan produk, itu semua termasuk SPAM. Sebaiknya anda buat komunitas sebesar mungkin, baru anda tawarkan produk dengan diselingi bahasan seputar minat komunitas tersebut.

Layani pesanan dengan cepat
Jika ada orang yang memesan barang, maka itu adalah kesempatan berharga untuk menunjukan kepada pelanggan tentang keseriusan anda dalam bisnis tersebut. Satu orang yang merasa puas berbelanja online di tempat anda, maka dia akan memberikan testimoni yang baik terhadap komunitas online yang lain. Sebaliknya satu orang kecewa, maka ia akan menumpahkan kekecewaannya itu di internet sehingga akan menghancurkan jalannya bisnis online anda dengan cepat. 


Lalu Bagaimana Memulainya?
Inikah yang ada dalam pikiran anda?
Anda cukup mempunyai produk Barang / Jasa dan siap anda promosikan
Saya sudah mengemasnya secara singkat dan jelas dalam Buku Tutorial 7 Rahasia Sukses.
(klik gambar di samping kanan)

No comments:

Post a Comment