Sunday, January 6, 2013

Kiat Sukses Wirausaha

 


Menjadi pengusaha sulit bagi sebagian masyarakat Indonesia. Berbagai kesulitan seperti kegagalan berkali-kali atau urusan modal menjadi kendala. Mereka lebih memilih menjadi seorang pekerja dibanding pengusaha.

Motivator Andrie Wongso memberikan beberapa tips bagaimana baiknya seseorang bisa menjadi pengusaha sukses. "Seorang pengusaha harus punya jiwa wirausaha," katanya di Convention Center SME Tower Gatot Subroto, Jakarta, Rabu, 21 November 2012.

Andrie mengatakan, percuma seseorang mencoba menjadi pengusaha bila tak punya jiwa wirausaha. Jiwa wirausaha ini maksudnya yakin dan penuh percaya diri, memiliki kecepatan membaca dan menangkap peluang, kecepatan bertindak dan berani berisiko. Seorang wirausahawan harus punya kemampuan menjual dan menyenangi tantangan dan kompetisi, lalu ada pula mental tahan banting dan terakhir tidak cepat puas diri.

Andrie mengkhususkan pada sifat memiliki mental tahan banting. Ia menyadari banyak sekali orang berhenti karena berkali-kali gagal berbisnis. Kegagalan itu sering membuat mereka frustasi dan depresi sehingga membuat orang berhenti mencoba. "Kalau sudah gagal dan depresi, harus terus bersemangat dan tahan banting lalu keluar dari kesedihan itu," katanya.

Ia mengaku pernah berkali-kali gagal. Kartu motivasi yang pernah ia buat sering ditolak dan tidak dapat terjual di mana-mana. Namun ia tetap berusaha mengirim dan menawarkan hingga akhirnya sukses menjadi motivator.

Pria asal Malang ini mengingatkan masyarakat khususnya calon wirausaha membebaskan diri dari mitos-mitos sesat. Mitos yang dimaksud antara lain sukses karena nasib, keturunan, fisik, pendidikan, waktu lahir, warna kulit, gender atau shio dan bintang.

Menurutnya mitos semacam itu tidak bisa dibuktikan kebenarannya "Ada orang bilang kalau shionya ini, nanti akan sukses. Itu tidak bisa jadi ukuran," kata pria berpendidikan tak tamat SD ini. "Kita harus siap mati, siap hadapi kesulitan, dan mau belajar setiap hari untuk menjadi wirausaha sukses," katanya.

Kiat Sukses Wirausaha bisa anda dapatkan dengan mudah dalam
Strategi  Berbisnis Online (silahkan klik linknya)






No comments:

Post a Comment