Tuesday, January 15, 2013

LANGKAH AWAL MEMULAI BISNIS


 

Geliat dunia entrepreneurship di negeri ini sangat membanggakan. Banyaknya pebisnis baru yang bermunculan, saya yakin bisa semakin memakmurkan negeri tercinta ini. Bagi Anda yang saat ini belum terjun ke dunia bisnis Anda sendiri, dan punya keinginan kuat untuk memulai usaha mandiri sebagai seorang entrepreneur sejati, tapi masih bingung bagaimana cara memulainya, maka diperlukan sebuah perubahan mindset pegawai menjadi mindset entrepreneur.

Saya coba tuliskan hal-hal yang Anda perlukan untuk mulai membentuk mindset entrepreneur di dalam diri Anda, sehingga Anda nantinya bisa benar-benar terjun menjadi seorang entrepreneur sejati…dengan sepenuh hati…yang tidak pernah mati…haalah…hehehe.

Langkah awal, tentu saja Anda harus punya Perencanaan Bisnis. Ini memang kelihatannya klise, tapi ingatlah, TIDAK ADA SUKSES TANPA PERENCANAAN. Setiap kesuksesan, pasti sudah ada perencanaan sebelumnya. Jangan percaya omongan yang mengatakan bahwa sukses bisa diraih tanpa rencana, atau jalani hidup apa adanya seperti air mengalir…meskipun yang bicara itu adalah orang yang sudah dikenal sangat sukses sekalipun. Jangan Percaya! Logikanya, ALLAH saja sangat merencanakan kehidupan manusia di bumi ini sampai di akhirat nanti, ya toh? Lha kita ini kalau hidup tanpa punya perencanaan sama sekali, itu namanya kebangetan.

Ok, jadi jika Anda ingin menjadi entrepreneur, sebaiknya dan seharusnya Anda menuliskan RENCANA BISNIS Anda, yang berisi outline tujuan dan sasaran bisnis, serta rencana tindakan bagaimana Anda meraih tujuan dan sasaran bisnis Anda itu. Selanjutnya coba lakukan beberapa hal di bawah ini:
  • Tulislah Garis Besar Konsep Bisnis Anda.
  • Tentukan Visi dan Misi Bisnis Anda.
  • Tentukan produk atau jasa bisnis Anda, yang akan ditawarkan, misalnya: menjual eceran, menjual secara grosir, menjadi konsultan, menjadi produsen, atau kombinasi dari semua bentuk bisnis yang disebutkan tadi.
  • Tentukan, apakah Anda akan mengembangkan sendiri bisnis Anda, membeli bisnis yang sudah ada, atau membeli Franchise.
  • Tentukan pasar umum yang akan diraih, ini berkaitan dengan rencana pemasaran bisnis Anda.
  • Perkirakan biaya pembukaan bisnis Anda.
  • Kenali sumber daya manusia dan sumber pendanaan yang Anda miliki.
  • Kenali kekurangan Anda atau hal yang tidak Anda miliki, dan susun rencana untuk memperbaiki dan mengatasinya.
  • Putuskan, apa yang Anda inginkan dari bisnis ini, di saat sekarang maupun di masa depan.
Saat Anda menuliskan Perencanaan Bisnis ini, Anda harus melakukannya dengan PASSION, penuh hasrat membara di segenap lahir dan batin Anda. Bukan sekedar menulis dengan bagus saja, yang tanpa perasaan emosi. Anda harus memberikan ruh spirit entrepreneur pada saat menyusun rencana bisnis Anda itu. Hayati itu dengan segenap perasaan lahir dan batin Anda.

Anda harus yakin dengan apa yang Anda coba untuk meraihnya di dalam bisnis Anda nanti. Tanpa keyakinan, maka Anda akan menemui kesulitan untuk mencapai tujuan bisnis Anda, bahkan Anda bisa saja berhenti sebelum melangkah dan mundur sebelum melangkah maju.

Terakhir! Jika Anda sudah termotivasi dan punya passion untuk membangun bisnis Anda sendiri, maka segera lakukan tindakan untuk memwujudkan bisnis Anda itu! Jangan sekedar menuliskan rencana bagus saja. Langsung ACTION saja. Ayoo mulai berbisnis sendiri!

7 RAHASIA SUKSES adalah salah satu solusi langkah awal anda. Cek gambar disamping kanan

No comments:

Post a Comment

Post a Comment